Cincin dengan batu mulia ungu bertulisan lafal 'Allah' diketemukan oleh peneliti dari Kampus Stokholm, Swedia di makam beberapa Viking era ke-9.

Menurut laporan Daily Mail mengutip Science News, Selasa 17 Maret 2015, cincin yang disangka telah berusia kian lebih 1. 000 th. ini diketemukan ketika penggalian di pusat perdagangan Viking, tepatnya di Birka, Swedia.

Beberapa peneliti mesti memakai mikrosop elektron scanning untuk membuka bahan serta tulisan yang tercantum pada cincin itu.

Dari situ baru tampak terang ada tulisan kuno Arab atau yang dimaksud Kufi, yaitu 'for Allah' atau 'to Allah'.

Disangka cincin itu tidak sering dipakai. Lantaran masih tetap tampak terang sinyal tanda perak pada cincin itu. Kemungkinan cincin ini jadikan hadiah pada wanita Viking yang dikuburkan di Birka.

Temuan itu jadi tanda-tanda pada zaman dulu ada hubungan komunikasi pada beberapa Viking dengan dunia Islam dalam soal perdagangan, catat peneliti dalam jurnal Scanning.

" Serta ini jadi hanya satu cincin dengan tulisan Arab yang diketemukan di website arkeologi Skandinavia. Ini adalah objek yang unik. "

Viking yaitu suku bangsa Skandinavia yang berprofesi juga sebagai pedagang serta peladang. Tetapi, mereka populer juga sebagai perompak bila tidak berhasil dalam berniaga.

Post a Comment

 
Top