Batu akik saat ini makin saja digemari orang-orang luas. Tidak cuma terbatas pada batu Bacan, batu dengan beragam motif jadi buruan beberapa kolektor. Di Pineleng, Kecamatan Pineleng, Minahasa, Sulawesi Utara, batu lokal dengan motif hantu Casper seperti di film kartun anak-anak Ghostbusters bikin beberapa penggila batu ngiler.

Sebagian warga penasaran dengan motif unik yang keluar dari batu itu. Warna kuning keemasan menguasai sisi badan Casper sesaat sisi mata, hidung serta mulut terlihat sangatlah terang berwarna hitam. Garis-garis putih serta merah marun menghiasi bingkai sang hantu Casper.

" Wah, tidak sering sekali ada motif yang sangatlah terang seperti ini, " tutur Uther, seseorang penghobi batu yang datang.

Seirama, Niko seseorang penggemar batu akik juga mengagumi akan dengan ukiran motif yang dipunyai batu akik lokal Sulawesi Utara ini. " Umumnya motif yang keluar itu abstrak tetapi yang ini terlihat terang serta kuat, " ucapnya.

Yang memiliki batu Casper Abidin Malangi waktu didapati di tempat tinggalnya, Rabu (29/4) malam, menyampaikan batu itu diperolehnya dari seorang. Dia mengagumi akan dengan kekhasan motifnya hingga segera beli dari orang itu.

Selang satu minggu ditangannya, batu Casper pernah ditawar seharga Rp 10 juta tetapi ditolaknya. Menurut dia, batu jenis liontin itu masih tetap bakal diikutsertakan dalam pameran batu akik yang bakal di gelar di Manado minggu ini.

" Banyak yang datang lihat serta tertarik tetapi belum bakal saya terlepas, " tutur Abidin yang juga seseorang perajin batu akik.

Tidak cuma motif Casper, ia juga mempunyai batu lokal dengan motif panorama komplit dengan gunung beserta semburan asap hitamnya dan dihiasi jalur sungai serta laut.

" Setiap hati banyak yang datang untuk lihat dari dekat ke-2 batu itu, " tutur Abidin.

Post a Comment

 
Top