Hoby batu akik telah jadi fenomena sosial di Indonesia. Tidak kecuali, di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan dimana beberapa komune kota kalong itu mengadakan pameran batu permata. 

Dari mulai batu yang masih tetap berbentuk bongkahan 1/2 jadi berbentuk cincin, gelang sampai liontin. Baik batu lokal ataupun dari luar negeri diminati beberapa peserta pameran yang bukan sekedar datang dari kabupaten setempat, tetapi juga dari Kabupaten Bone, Wajo, Pinrang sampai Mamuju, Sulawesi Barat. 

Disini, sebagai primadona yaitu batu tampaning. Sesuai sama namanya, batu itu diketemukan di Desa Tampaning, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. 

Adapun ciri batu itu berwarna ungu serta putih berkabut. Dapat disebutkan bahwa batu itu cukup fenomenal lantaran pernah jadi juara dua pada arena batu permata di Malaysia. 

Wahyudin, salah satu panitia pameran, menyampaikan bahwa dalam pameran, beberapa pengunjung juga dimanjakan dengan hadirnya pengrajin yang segera memproses batu jadi permata. Dengan hal tersebut, tuturnya, warga yang mau beli batu akik bisa segera dibuatkan di tempat sesuai sama selera baik jenis ataupun ukurannya. 

Post a Comment

 
Top