Batu akik type Bulu Macan tengah ramai di cari oleh beberapa kolektor di Tanah Air. Harga nya juga jadi melangit, hal semacam itu lantaran type serta jumlahnya yang terbatas.

Batu mulia type Bulu Macan datang dari Lumajang, Jember serta Bondowoso. Memiliki bentuk yang mengkilap bermotif serabut mirip bulu macan.

" Ada dua type yakni kembang serta rambut atau bulu monyet. Bila yang kembang bulu-bulunya bertumpuk, bila yang bulu monyet seperti rambut umum, " kata Ahmad Haji, kolektor batu akik di Malang, Selasa (3/3).

Aji, sekian umum di panggil, mengakui telah lima th. tekuni dunia batu mulia. Sebagian koleksinya salah satunya type Bulu Macan. Paling akhir, dianya jual dengan harga Rp 1, 5 Juta, namun konsumen barangnya itu sukses jual dengan harga Rp 10 Juta.

" Saat ini makin di cari, kisaran harga nya Rp 5 juta, namun juga bergantung besar kecil batu. Batu yang besar harga nya dapat hingga Rp 20 juta. Laris juga, " tuturnya.

" Asal batu bulu macan ini sistem dari endapan tebu hingga beberapa ratus th.. Karena itu banyak diketemukan di daerah Lumajang, Jember serta Banyuwangi, " tuturnya.

Masalah harga Aji menuturkan, bila tak ada patokan spesifik masalah pemilihan harga nya. Seseorang kolektor yang telah betul-betul suka pada umumnya berani dengan harga berapapun. Namun barang yang mahal mempunyai tanda-tanda spesifik.

" Yang mahal bulunya dapat bergerak ke semua arah. Basic batunya hitam gelap, hingga tampak keras. Bulu yang tampak bergerak ke seluruhnya arah, dapat ke atas ke bawah, ke kanan ke kiri, " tuturnya.

Agus Slamet, ketua paguyuban Setio Tuhu Gemstone mengungkap, dari segi spiritual beberapa orang yakin bila akik type bulu macan dipercaya mempunyai kemampuan gaib untuk kewibawaan serta kekebalan. Seperti Harimau atau macan penggunanya diakui bakal mempunyai kemampuan laksana hewan bertaring serta berkuku itu.

" Beberapa orang yakin yang seperti itu (supranatural), lantaran beberapa penikmat batu akik juga terseret pada masalah spiritual. Banyak mereka memperolehnya juga dari sistem ritual serta gaib, " kata Agus.

Post a Comment

 
Top