Penemuan batu bergambar Butha Saat di persawahan Dusun Karangbajang, Tlogoadi, Mlati, Sleman bikin ramai warga. Karena menyebar berita bila batu itu keluarkan api.

Menurut Tri Harjito (34) warga yang temukan batu bergambar Butha Saat itu, setelah dia mengunggah photo batu itu ke sosial media, pihak kepolisian Polsek Mlati datang ke tempat. Waktu itu pihak kepolisian coba meyakinkan apakah itu batu asli atau semen cor lewat cara memukulkan parang ke batu itu.

" Saat dipukul gunakan parang, keluar percikan api. Jadi ramai lantaran beritanya ke mana-mana, " tuturnya pada merdeka. com, Senin (1/6).

Dia memberikan batu yang diketemukan juga sedikit aneh, pasalnya traktor pembajak sawah dapat terjungkal waktu menabraknya. Hingga Iwan, sang pembajak sawah meminta bantuannya untuk mengangkat traktor yang terjungkal.

" Saya tidak tahu mengapa, namun mungkin saja masih tetap ada batu di bawahnya, jadi traktor hingga terjungkal, bila hanya yang di permukaan yang tampak sepertinya tidak mungkin saja hingga demikian, " katanya.

Disamping itu Kepala Grup Kerja Pengamanan, Penyelamatan serta Zonasi BPCB DIY, Muh Taufik menyampaikan ada kemungkinan ada batuan candi yang masih tetap tertimbun dibawah sawah. Karena di ruang dekat penemuan batu Butha, padi tak tumbuh dengan prima di banding dengan yang ada di sekelilingnya.

" Ada sisi yang terlihat tak subur hingga padinya tak dapat tumbuh, namun di sekelilingnya hijau seluruhnya. Sangatlah mungkin saja di bawahnya ada reruntuhan candi, " kata Taufik mengungkap rasa penasarannya.

Post a Comment

 
Top