Situasi di Purbalingga pagi itu teramat ramai. Beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) daerah itu satu-satu berdatangan untuk ikuti senam pagi berbarengan. Tetapi uniknya, semua PNS itu tampak nyentrik dengan kenakan batu akik. 

Ya, Purbalingga adalah kabupaten yang mempunyai ciri khas penghasil batu akik terkenal di Jawa Tengah. Namanya batu Klawing. Batu mulia type ini, bahkan juga telah populer sampai luar negeri. 

Benar saja, trend batu akik digunakan segera oleh pemerintah kabupaten setempat untuk mempopulerkan produknya di mata nasional. Bupati Purbalingga, Sukento Ridho Marhaendrianto beberapa waktu terakhir, bahkan juga mewajibkan penggunaan batu akik pada semua Unit Kerja Piranti Daerah (SKPD) berkenaan. 

Di dalam booming-nya batu akik di seluruhnya kelompok, hal semacam itu direspons positif oleh beberapa PNS. Tidak cuma diminati beberapa pria, batu akik type Klawing juga banyak digunakan PNS wanita. 

Naning (28) satu diantaranya. PNS Pemda Purbalingga itu tampak kenakan beberapa asesoris seperti liontin serta cincin yang terbuat dari batu mulia asal Purbalingga. Walau ketentuan pemakian harus batu akik dikhusukan untuk PNS laki, namun dia, bahkan juga sangatlah suka pada menggunakan asesoris daerah itu. 

 " Sukai banget, lantaran bagus. Terlebih, ini untuk menyukai batu asli Purbalingga. Jadi, tetep beli serta gunakan, " kata wanita yang paling suka pada batu type giok itu. 

Uniknya, PNS laki-laki yang menggunakan batu akik bahkan juga tidak cuma satu buah. Rata-rata mereka menggunakan batu akik di ke-2 jari tangan mereka. Jumlahnya sampai lima batu akik dengan type yang tidak sama juga. Dari mulai batu akik Klawing yang paling populer dengan sebutan Panca Warna, naga suwi, batu gambar, batu giok klawing, sulaiman, serta lavender

Post a Comment

 
Top