Bagi yang sebatas ikutan memburu batu akik yang lagi ngetren, ingin jeli serta hati-hati. Jangan sempat terlanjur merogoh jutaan rupiah, tidak tahunya barang palsu. 

Tersebut panduan mengetahui keaslian batu akik :

1. Berat : Permata atau batu akik asli lebih berat dibanding dengan yang palsu. Bila dipegang bakal merasa lebih padat. 

2. Suhu : Dengan cara alami suatu batu asli lebih dingin dengan kaca/sintetis. Langkah tes dapat dikerjakan dengan tempelkan di bagian kulit yang peka dibagian badan kita seperti pipi, leher, atau di bagian lipatan siku lengan. 

3. Memanaskan : Membakar di bagian batu. Bila batu itu tampak gosong serta meninggalkan sisa yang sulit terhapus bisa di pastikan batu itu palsu. Batu asli bila dibakar bakal terlihat basah, seperti berminyak namun sesudah dihapus bakal hilang saat itu juga. Begitupun, sesudah dipanaskan batu asli umumnya cepat dingin, sedang yang palsu panasnya bertahan lebih lama. 

4. Membenturkan : Bila Anda mempunyai dua batu yang dipercaya keduanya sama batu asli, bila dibenturkan keduanya umumnya keluar percikan api. Langkah mengetesnya dapat dikerjakan ditempat gelap untuk meyakinkan ada percikan. 

5. Meneteskan air : Batu asli bila diteteskan air di bagian permukaannya yang licin akan tidak pecah (bukanlah cara baku). 

6. Serat : Batu asli alam dengan cara umum mempunyai serat alami. Permata sintetis atau yang terbuat dari kaca tampak bening. Walau dalam batu sintetis ada serat umumnya tampak tak alami, seperti ada sejenis gelembung yang dikarenakan waktu sistem pembuatan ada hawa yang terjebak di dalamnya.

Post a Comment

 
Top