Batu giok Aceh dengan kwalitas super masih tetap mempunyai harga selangit. Untuk yang telah diasah jadi cincin saja, harga nya meraih beberapa puluh juta rupiah. Di Propinsi berjuluk serambi Mekkah, cuma kelompok spesifik yang memakai batu type solar ataupun idocrase super.

Giok type solar ataupun idocrase sampai sekarang ini masih tetap jadi incaran penggemar batu. Idocrase lumut Aceh ukuran jumbo yang telah di proses jadi cincin umpamanya di bandrol Rp 10 juta perbiji. Giok asli Nagan Raya itu masih tetap jadi salah satu type batu yang masih tetap diburu.

" Ini satu Rp 10 juta. Ini ada barang 7 biji lagi, " kata Sekjen Komune Penggemar Batu Aceh (KPBA), Hendro pada wartawan, Senin (16/3/2015).

Sedang untuk solar kwalitas super juga mempunyai harga yg tidak kalah " hilang ingatan ". Solar ukuran jumbo yang telah diasah jadi cincin di bandrol dengan harga sekitar pada Rp 30 juta sampai Rp 50 juta perbiji.

" Saat ini solar lagi kosong barangnya. Tinggal Idocrase ini, " terang Hendro.

Tidak sama dengan giok kwalitas super, batu giok umum saat ini malah mulai sepi konsumen. Pedagang serta penggemar batu mulai mengeluh omzet mereka alami penurunan di banding tiga bln. lantas. Walau sekian, pedagang tetap masih menjaga harga seperti umum.

Post a Comment

 
Top