Melonjaknya ketertarikan pada batu akik sekarang ini bikin transaksi perdagangan barang itu bertambah tajam, tak kecuali didunia maya.

Founder sekalian Chief Executive Officer (CEO) bukalapak, Achmad Zaky, di Jakarta, Minggu, 8 Maret 2015 menyampaikan, terdapat banyak hal yang perlu di perhatikan pelapak -- arti penjual di situsnya-- dalam pasarkan batu akik atau batu mulia lewat on-line. Satu diantaranya yaitu berlaku jujur.

" Supaya transaksinya berjalan nyaman serta lancar, baik pelapak ataupun konsumen mesti keduanya sama memberi info yang jujur, cermat serta terus waspada dan mengerti sistem transaksi dengan cara on-line, ” katanya.

Alumni ITB ini mencontohkan, jika product batu yang di jual kian lebih satu buah, sebaiknya mencantumkan info dengan cara detil tentang batu itu.

Lalu, dalam sistem negosiasi dengan konsumen, baiknya pelapak memberi dokumentasi batu mulia yang di jualnya, baik photo maupun video dengan cara komplit.

Hingga saat ada permasalahan dengan barang yang di kirim pelapak bisa meyakinkan barang yang di jual sama juga dengan barang yang dikembalikan (retur) oleh konsumen.

Hal semacam ini jadi utama mengingat makin tingginya transaksi on-line barang ini menyebabkan ada usaha oknum konsumen bodong yang mengambil keuntungan sepihak dari mekanisme retur barang.

“Yang kerap berlangsung mereka menukar barang yang diantar pelapak dengan yang telah dipunyai konsumen, atau sekedar hanya coba barang punya pelapak, ” imbuhnya.

Sedang untuk beberapa konsumen, sebaiknya memerhatikan banyak hal ini. Customer mesti meyakinkan dengan cermat batu akik yang bakal dibeli sesuai sama hasratnya. Satu diantaranya dengan mempertegas gambar atau video yang di sajikan pelapak.

Sistem ini utama mengingat penampilan monitor serta monitor bakal tidak sama tergantung pada jenis kamera atau monitor yang dipakai.

Diluar itu, yang juga butuh di perhatikan menurut Zaky, yakni dimensi dari batu itu. Umpamanya dengan cara tehnis panjang dikali lebar serta tinggi dalam ukuran milimeter, berseluncur di website pencarian juga sebagai perbandingan sangatlah direferensikan.

Selanjutnya dia menyampaikan, pemahaman customer bakal batu yang di idamkan juga mutlak mesti dipunyai, untuk meyakinkan suksesnya transaksi on-line sesuai sama yang diinginkan. Karena terdapat banyak batu akik yang mempunyai nama berlainan di kelompok pedagang.

“Jangan malu-malu bertanya jawab dengan cara detil dengan pelapaknya, ” katanya.

Lepas dari banyak hal itu, yang paling penting dalam transaksi on-line ini bagaimanakah perjanjian jual beli pada ke-2 pihak. Umpamanya, bila batu yang di kirim tak sesuai sama info yang tercantum di lapak penjual jadi mesti bersedia dikembalikan.

Pihak konsumen juga mesti memberi info dengan terang tentang retur barang sesuai sama ketentuan yang berlaku.

" Yang utama jadilah smart buyer serta janganlah menghabiskan waktu pedagang dengan memberi penawaran jika memanglah tak berkehendak beli, " tegasnya.

Sampai sekarang ini, kata dia, transaksi on-line perdagangan batu akik selalu bertambah. Bahkan juga, sehari-harinya bisa meraih beberapa ratus juta rupiah.

" Transaksinya saat ini bertumbuh 2 x lipat tiap-tiap bln. dengan nilai transaksi meraih beberapa ratus juta rupiah /hari, " kata Zaky.

Post a Comment

 
Top