Demam batu akik selalu menempa orang-orang Indonesia bahkan juga saat ini batu akik asal negeri ini telah tercium sampai ke mancanegara. Uniknya harga batu mulia ini selalu meroket sampai menaklukkan harga emas sekalipun. Fenomena batu akik ini tidak terlepas dari kekhasan type batu sebagai daya tarik sendiri untuk penggemarnya. 


Kota-kota penghasil batu akik yang dahulu pernah meredup saat ini jadi hidup kembali. Banyak traveler penggila batu berbondong-bondong mendatangai kota-kota di Indonesia penghasil akik berkelas. Mereka memburu batu mulia itu walau harga nya mahal. Tersebut kota-kota penghasil batu akik paling baik di Indonesia yang pas untuk dikunjungi traveler penggemar batu akik. 

1. Kabupaten Solok Selatan – Sumatra Barat


Dari tempat terpencil di Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Propinsi Sumatera Barat ada type batu permata yang saat ini mendunia. Namanya Batu Sungai Dareh atau nama resminya yaitu Batu Idocrase. Lokasi Sumatera Barat memanglah populer juga sebagai penghasil Batu Indocrase Sugai Dareh berkwalitas. 

Batu Indocrase Sungai Dareh mempunyai ciri berwarna hijau jelas dengan motif totol lumut didalam batunya. Ketenaran batu asli Sumatera Barat ini semakin mencapai puncak ketika beredar berita bahwa batu itu juga dikenakan oleh Presiden Amerika, Barack Obama. 


2. Tanjung Bintang - Lampung Selatan


Keindahan serta kekhasan batu akik dari beragam daerah di Indonesia dapat menyihir banyak kolektor serta pengagum batu mulia ini dari mulai kolektor dalam negeri sampai mancanegara. Salah satu batu mulia yang paling banyak diburu oleh kolektor yaitu batu akik bungur Tanjung Bintang. Beritanya batu bungur di salah satu kabupaten Lampung Selatan ini mempunyai kwalitas nomer satu didunia. 

Sampai kini Tanjung Bintang populer juga sebagai daerah penghasil pasir bangunan berkwalitas baik, tetapi nyatanya bukan sekedar kwalitas pasirnya saja yang berkelas, Tanjung Bintang juga menaruh batu mulia yang sangatlah indah serta bernilai tinggi. 

Ciri khas batu akik bungur Tanjung Bintang yaitu warnanya yang ungu bening jadi tidak tidak sering batu akik ini dimaksud dengan juga Kecubung Bungur. Karenanya ada fenomena batu akik di tanah air jadi lokasi ini saat ini jadi ramai dikunjungi beberapa traveler pengkoleksi batu akik dari semua penjuru tanah air bahkan juga dunia. 


3. Pulau Kasiruta – Maluku Utara


Salah satu batu akik paling banyak dicari serta digemari beberapa kolektor sekarang ini yaitu batu bacan. Tetapi dari tempat mana asal batu ini? Beberapa orang salah mengartikan bahwa batu mulia ini datang dari Pulau Bacan, walau sebenarnya pulau penghasil batu bacan yaitu pulau Kasiruta, Maluku Utara. Penasbihan nama batu bacan sendiri dimulai dari tempat pertama kali batu type ini diperjual belikan yakni di pulau Bacan. 

Batu bacan dimaksud dengan juga batu hidup lantaran kemampuannya berproses jadi lebih indah dengan cara alami. Juga sebagai misal, batu bacan berwarna hitam dengan cara bertahap bakal beralih jadi hijau cukup hanya mengenakannya sehari-hari juga sebagai cincin atau aksesori yang lain. Jika Anda menyambangi Ternate, Tidore, Jailolo, maupun Pulau Bacan jadi yakinkan memperolehnya untuk suatu cenderamata. 

4. Kebumen - Jawa Tengah

Nama Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah saat ini tengah naik daun. Banyak traveler yang datang ke lokasi itu, pemicunya yaitu fenomena batu akik badar besi yang mempunyai kandungan besi hingga dapat melekat pada magnet bila didekatkan. Bahkan juga sebagian masalah batu ini memiliki kandungan magnet yang bisa menarik besi. 

Type batu akik ini jadi salah satu yang paling banyak diburu beberapa kolektor. Daerah asal batu ini yaitu di suatu bukit yang bernama Bukit Bulu Beras yang ada di Kebumen. Lantaran melimpahnya bahan baku badar besi disana tidak sedikit warga yang pada akhirnya menamakan bukit itu dengan sebutan Gunung Badar Besi. Saat ini bukit ini ramai didatangi beberapa penggemar akik yang mencari batu badar besi disana. 

5. Pacitan - Jawa Timur 


Kabupaten Pacitan yang ada di ujung barat Jawa Timur ini mempunyai beragam destinasi wisata alam yang tengah booming. Ditambah lagi dengan penemuan batu mulia type kalsedon menaikkan ramai wisatawan yang datang ke Pacitan. Batu kalsedon sesungguhnya banyak dihasilkan di Jawa Barat serta Sulawesi Tenggara, tetapi penemuan batu type ini di Pacitan pernah menghebohkan lantaran mutunya yang dikira sangatlah baik. 

Batu type ini mempunyai beragam warna dari mulai merah, kuning, biru, sampai jingga, namun yang paling utama adalah hijau. Di Pacitan sendiri batu kalsedon paling banya diketemukan berwarna putih hingga abu-abu, biru-keabu-abuan serta colat jelas hingga coklat gelap. 

Pacitan telah mulai sejak lama di kenal juga sebagai sentra penghasil batu akik, sepanjang sebagian dekade batu akik Pacitan banyak disukai beberapa kolektor. Bila bertandang ke Pacitan janganlah lupa beli batu akik untuk oleh-oleh. 

Ada banyak lagi beberapa jenis batu akik berkwalitas dunia yang menyebar di semua penjuru nusantara. Apakah daerahmu juga penghasil batu akik? Berbagi pengalamanmu berburu batu akik dengan isi kolom komentar.

Post a Comment

 
Top