Tiap-tiap daerah di Indonesia mempunyai varian batu akik lain yang cantik serta berkwalitas. Satu diantaranya, Sumatera Selatan. Ada satu type batu akik yang sekarang ini tengah jadi primadona. Batu itu bernama Baturaja Biru atau yang akrab dimaksud Spiritus Baturaja.

Sesuai sama nama panggilannya, batu akik type Calcedony ini mempunyai ciri khas berwarna biru kristal dengan kekerasan meraih 7 mohs. Untuk batu kwalitas super dengan warna biru tua yang mirip warna cairan spiritus, batu dengan 'grade' tertinggi serta mempunyai harga tertinggi juga.

Belum beberapa orang yang bermain dalam usaha batu akik type ini. Yaitu Zoem Putra Gading, pria yang pertama kali mempopulerkan batu akik Spiritus Baturaja. Karena jadi orang pertama serta yang paling banyak mempunyai bongkahan batu biru ini, dia di kenal juga sebagai 'Pangeran Biru' dari Baturaja di kelompok beberapa kolektor batu akik.

" Batu spiritus ini hanya ada di satu kecamatan, tepatnya di (Kecamatan) Lengkiti, Baturaja. " ungkap Zoem di Kiaracondong, Kota Bandung, Selasa (18/3/2015).

Batu Spiritus Baturaja ini sesungguhnya bukanlah type baru. Mulai sejak th. 60-an, batu akik ini telah di kenal. Cuma saja, bahan batu ini tak sejumlah batu akik yang lain yang dapat meraih beberapa puluh ton dalam satu bongkahan.

Dalam satu kali penggalian, terbesar batu akik ini mungkin saja cuma didapat sebesar kepalan tangan orang dewasa. Dari sekepalan bongkah batu mentah cuma sedikit batu akik Spiritus Baturaja kwalitas super yang dapat diperoleh. Aspek ini juga yang bikin batu akik biru ini jadi mahal di market.

" Lantaran bahannya sedikit serta langka. Ini yang bikin batu akik ini jadi istimewa, " katanya.

Zoem menjelaskan, dianya yakin bahwa warna biru dari batu akik ini keluarkan kewibaaan seorang. Menurut yang memiliki galeri batu akik Gading Mas Gemstone ini, lantaran argumen tersebut jadi peminat batu akik ini umumnya datang dari kelompok petinggi tinggi TNI, petinggi serta artis.

" Yang ngambil ke saya banyak TNI seperti jenderal, termasuk juga Dandim Baturaja saat ini. Bila artis saya kerap dikunjungi sama Narji, dia juga ambillah ke saya, termasuk juga tempo hari saat pameran ambillah di saya juga Charlie van Houten (ST12) sama Ki Daus, " imbuhnya.

Zoem mengungkap, untuk harga satu cincin batu Spiritus Baturaja dengan kwalitas super berwarna biru tua, harga paling paling tinggi yang pernah di jualnya lewat Gading Mas Gemstone meraih Rp 150. 000. 000.

Harga spektakuler yang dibanderolnya bukanlah tanpa ada karena. Seperti arti langit diatas langit, warna biru tua dengan kepekatan seperti oli pada batu akik ini ada di atas kwalitas super. Lantaran baru dia yang temukan, warna biru pada batu ini berniat dinamakan sesuai sama namanya, biru Zoem.

" Warna biru kwalitas super ini beberapa macam. Ada biru Spiritus, biru langit, biru tinta serta biru blau, " katanya.

Walau sekian, banyak juga batu Spiritus Baturaja kwalitas super yang di jual di kisaran harga Rp 1 juta hingga Rp 10 juta. Itu juga kembali lagi pada mutunya. Tak tahu berapakah banyak pameran yang diikutinya, dalam satu kali pameran, di Bandung misalnya, Zoem mengakui dapat memboyong seribu lebih koleksi cincin batu Spiritus Baturaja itu.

Disamping itu, diakuinya mempunyai kian lebih lima ton bongkahan batu Spiritus Baturaja ini di tempat tinggalnya. Maklum saja, barang itu banjir pesanan, disamping itu, pria yang memulai karir juga sebagai pembuat bronjong batu dari Sumatera Selatan ini pernah jadi hanya satu 'pemain' saat sebelum batu ini jadi tenar.

Dari usaha ini, Zoem mengakui tidak cuma keuntungan materi yang didapatnya. Keuntungan sosial juga didapatnya. Mulai sejak dia memberdayakan warga kecamatan Lengkiti untuk mencari batu type itu, saat ini perekonomian beberapa warga turut terbantu.

Post a Comment

 
Top